13 Kriteria Standar Guru Inspiratif dan Profesional


Bagi sebagian orang, menjadi seorang guru bukanlah perkara sulit. Meskipun tidak memiliki latar belakang pendidikan, mereka tetap bisa mengajar, membuat soal, mengoreksi soal, bahkan, cara mengajar mereka lebih baik dari guru yang memiliki latar belakang pendidikan. Namun, apakah dengan demikian, tugas sebagai seorang guru dianggap selesai? Rasanya belum.

Selain mengajar, seorang guru harus bisa menjadi sumber inspirasi bagi siswanya. Hal ini bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan, tetapi, bukan tidak mungkin untuk dilaksanakan.

Kapan seorang guru bisa dikatakan sebagai guru yang inspiratif? Menurut buku Aplikasi Ilmu Psikologi Positif, guru inspiratif adalah guru yang memberikan stimulasi mental kepada murid-muridnya. Stimulasi mental tersebut diharapkan akan memberikan dampak yang lebih kuat terhadap pemahaman peserta didik. Semakin banyak emosi positif yang dirasakan oleh peserta didik pada saat belajar, maka penguasaan materi pembelajaran akan menjadi semakin baik.

Bagaimana caranya menjadi guru yang inspiratif? Menurut National Board for Professional Teaching Standard, ada 13 Kriteria standar guru inspiratif dan profesional, yaitu:
1. Menguasai materi pelajaran dengan baik.
2. Mampu menggunakan dengan tepat kemampuan, dalam mengajar dan belajar.
3. Mampu memecahkan masalah yang berkaitan dengan instruksional pembelajaran.
4. Mampu melakukan improvisasi dalam mengajar.
5. Mampu melakukan manajemen kelas dengan baik.
6. Memiliki kepekaan dalam menanggapi situasi selama pembelajaran berlangsung.
7. Memiliki sensitivitas terhadap konteks.
8. Mampu memonitor pembelajaran.
9. Selalu bertindak berdasarkan data.
10. Respek terhadap orang lain.
11. Mempunyai jiwa yang mendidik.
12. Mampu memfasilitasi murid agar mencapai prestasi tertinggi.
13. Mampu memfasilitasi murid agar lebih memahami kompleksitas.

Berdasarkan uraian di atas, kita bisa melihat bahwa menjadi seorang guru yang inspiratif itu bukanlah sesuatu yang mudah. Meskipun demikian, kita harus tetap berusaha dan yakin pasti bisa. Dengan menjadi guru inspiratif, diharapkan muncul sosok yang mampu memotivasi dan menginspirasi peserta didik, agar peserta didik mampu mengoptimalkan setiap potensi yang mereka miliki sehingga berguna bagi masa depan mereka nanti.

Yuk, belajar menjadi guru insipiratif :)

Sumber:
http://smactf.sch.id/


Previous
Next Post »