Pembagian Wilayah Kekuasaan Mataram Islam


Wilayah kerajaan Mataram Islam dibagi menjadi beberapa bagian yang disusun secara konsentris dan berlapis dengan tujuan untuk melindungi pusat kesultanan dan istana dari serbuan lawan. Pembagian wilayah tersebut adalah sebagai berikut:

1) Kuthanegara atau Nagara dengan keraton sebagai pusat kerajaan dan raja sebagai titik pusat. Di wilayah ini, posisi tertinggi hierarki pemerintahan ditempati oleh raja-raja Mataram. Selain keluarga kerajaan, golongan yang berdiam di Kuthanegara atau Nagara adalah para pejabat istana, para penguasa yang diwajibkan berdiam di ibukota kerajaan, para putra penguasa lokal atau pejabat yang menjadi pekerja istana, rakyat biasa (wong cilik), orang yang mengabdikan diri, dan tawanan perang (boyongan). 
 
2) Nagaragung atau wilayah di sekeliling Nagara. Daerah ini termasuk inti kerajaan, karena pada daerah ini terdapat tanah lungguh (jabatan) dari para bangsawan yang bertempat tinggal di Kuthanegara. Daerah Nagaragung mencakup delapan wilayah, yaitu:
a. Bumi (Kedu sebelah barat sungai Progo).
b. Bumija (Kedu sebelah timur sungai Progo).
c. Siti Ageng Kiwo (sebelah kanan jalan raya Pajang ke Demak).
d. Sewu (Bagelen, antara sungai Bagawanta dan sungai Progo).
e. Numbak Anyar (antara sungai Bagawanta dan sungai Progo).
f. Panumping (daerah Sukawati).
f. Panekar (daerah Pajang).

3) Mancanagara dan Pasisiran. Mancanegara adalah wilayah di luar Nagaragung yang terletak di daerah pedalaman. Daerah ini masih dibagi menjadi dua, yaitu: (a) Mancanegara wetan, mulai dari Ponorogo ke arah timur, dan (b) Mancanegara kulon, mulai dari Purworejo ke arah barat. Sementara itu, Pasisiran, adalah wilayah di luar Nagaragung yang terletak di daerah pesisir. Daerah pasisiran juga dibagi menjadi dua, yaitu: (a) Pasisiran kulon, mulai dari Demak ke arah barat (Banten dan Batavia tidak termasuk), dan (b) Pasisiran wetan, mulai dari Demak ke arah timur. Batas antara Pasisir wetan dan Pasisir kulon adalah sungai Serang yang terletak antara Jepara dan Demak.
Previous
Next Post »